Kamis, 29 Oktober 2015

Tips Menggunakan Jasa Endorse untuk Produk Anda


Media sosial instagram saat ini seperti tengah naik daun di kalangan masyarakat Indonesia. Ini terbukti dengan banyaknya online shop yang sangat mudah kita jumpai di instagram. Instagram tidak hanya dimanfaatkan oleh beberapa kalangan seperti penjual untuk memasarkan dagangannya tetapi juga para artis untuk menjadi endorse sebuah produk. Lalu apa sih sebenarnya endorse itu? Dan apa keuntungan menggunakan jasa endorse? Untuk para pengguna instagram mungkin istilah khususnya pecinta online shop, mungkin istilah yang satu ini sudah tidak asing lagi ya.

Endorse merupakan salah satu cara online shop untuk mengiklankan barangnya dengan menggunakan jasa orang lain, biasanya artis atau tokoh tertentu yang dianggap penting atau berpengaruh. Jadi mekanismenya seperti ini: pemilik online shop menawarkan barangnya kepada artis tersebut untuk dipromosikan dalam akun instagram si artis, dengan catatan si artis boleh memilih barang yang dia suka secara gratis. Setelah artis mendapat barang tersebut maka artis tersebut akan memamerkannya di akun instagramnya dengan menulis caption promosi barang sehingga followersnya akan membaca dan mengetahui online shop tersebut.

Lalu keuntungan apa yang didapat si pemilik online shop dengan adanya jasa endorse tersebut? Jelas banyak, yang utama adalah memperoleh keuntungan. Biasanya berupa followers yang bertambah yang kemungkinan besar akan menjadi calon pembeli produknya. Namun sebelum anda menggunakan jasa endorse, ada baiknya jika memperhatikan beberapa tips di bawah ini:

Mencari artis yang sesuai dengan produk anda

Untuk memaksimalkan proses pemasaran produk anda, menggunakan jasa endorse memang cukup penting, apalagi jika anda dapat menggunakan jasa endorse artis terkenal. Namun sebelum meminta artis mempromosikan produk anda, ada baiknya jika anda mengenali terlebih dahulu keseharian artis tersebut. Jadi jangan asal memilih artis. Misalnya begini, anda mempunyai online shop yang menjual alat-alat olahraga. Akan lebih baik jika anda menggunakan jasa endorse dari Ade Rai yang merupakan seorang binaragawan ketimbang menggunakan jasa Tukul Arwana. Meskipun dalam kenyataannya mungkin Tukul Arwana lebih terkenal dibandingkan dengan Ade Rai.

Melakukan Negosiasi

Jika anda telah menemukan artis yang sekiranya anda anggap cocok dan sesuai untuk mempromosikan barang anda, maka langkah selanjutnya anda harus menanyakan kepada artis tersebut apakah dia mau menjadi endorse untuk produk anda atau tidak. Jika dia mengiyakan maka buatlah kesepakatan, misalnya dengan memberikan imbalan berupa produk secara gratis jika si artis telah memposting produk anda dalam akun instagramnya. Namun jika ternyata anda dan si artis tidak menemukan kesepakatan, lebih baik jangan dipaksakan sebab itu dapat merugikan anda. Contoh kasus, si artis tidak menginginkan produk anda tetapi imbalan berupa uang dengan jumlah besar. Maka lebih baik anda tidak melanjutkan endorse tersebut. Hal ini karena endorse tidak dapat menjamin 100% barang anda akan langsung laris manis setelah di endorse oleh artis tersebut.

Tidak berganti-ganti model endorse

Menggunakan jasa artis sebagai endorse di online shop anda memang akan menarik banyak konsumen. Namun ada baiknya jika anda tidak mudah untuk berganti-ganti endorse dengan memakai banyak artis. Cukup menggunakan jasa endorse beberapa artis saja yang sekiranya dapat memberikan banyak konsumen kepada anda. Lihat saja iklan di televisi, kebanyakan produk-produk tersebut di pasarkan oleh satu artis saja dalam beberapa tahun, barulah kemudian berganti artis yang lainnya. Cara itu dapat anda contoh dengan cara tidak cepat berganti-ganti artis untuk endorse dalam waktu yang singkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar